Surat Terbuka ATLM Vaksin



Surat Untuk Mas Menteri, Erick Thohir.

Assalamualaikum Bapak @erickthohir ,agar friendly izinkan kami selanjutnya menyapa dengan sapaan Mas Menteri.

Sebelumnya semoga pesan ini sampai kepada Mas Menteri yang juga sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dalam keadaan sehat.

Untuk memudahkan maksud dan tujuan dari Surat ini, kami kutip isi pidato Presiden @jokowi (seperti dalam gambar berikut) :

Pidato Jokowi Untuk Tenaga Medis

Mas Menteri yang terhormat.

Mas, baru saja kami mendapatkan informasi bahwa pemerintah akan memulai vaksinasi pada awal tahun 2021. Bahkan Mas langsung yang menyampaikan berita baik itu, disebutkan pula bahwa tenaga medis akan diprioritaskan pertama saat vaksin Covid-19 siap digunakan. Mas Menteri juga menyebut profesi tenaga medis yang akan mendapat prioritas tersebut, yaitu : Dokter, Perawat, Bidan, seperti yang ter-upload pada Instagram : @kemenkominfo dan @lawancovid_19

Tak ada yang salah sebenarnya dari pernyataan Mas, namun jika kita kembali pada isi pidato Presiden maka pernyataan Mas terasa kurang lengkap.

Pernyataan Mas yang kurang lengkap ini pada akhirnya membuat rasa kecewa dari banyak kawan sejawat kami dari Profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) di berbagai daerah di Indonesia.

Dalam kapasitas Mas sebagai sebagai Ketua Pelaksana KPCPEN, sudah barang tentu Mas paham betul bahwa tenaga medis yang bekerja di laboratorium merupakan bagian penting yang tak terpisahkan dalam upaya penanggulangan Covid-19.

Tiap hari tentu Mas juga disajikan dengan data-data seperti hasil PCR, Swab Test, dsb, untuk mengetahui perkembangan terkini Covid-19 di Indonesia.

Tanpa mengecilkan peran dari profesi tenaga medis lainnya, Mas perlu tahu bahwa data-data tersebut lahir dari tangan-tangan sejawat kami para ATLM. Tiap hari, dari ratusan hingga ribuan sampel mereka hadapi dan terima di meja laboratorium mereka.

Beresiko, sudah barang tentu. Namun sebagai tenaga medis yang telah bersumpah atas nama bangsa dan agama, maka pekerjaan penuh resiko ini tetap dijalani.

Jumlah Kasus dan Kematian Tenaga Kesehatan (source : @pandemictalks )
Jumlah kematian Tenaga Medis
source : @pandemictalks

Terakhir mas,
Lewat surat ini, kami tentu berharap kedepan Mas Menteri bisa memberikan klarifikasi kembali soal pemberian prioritas Vaksin Covid-19. Kami ingin, teman-teman sejawat kami dari ATLM juga mendapatkan perhatian dan menjadi prioritas setara dengan profesi lainnya. Mengingat penanggulan Covid-19 ini ibarat mengayuh kapal di tengah badai, tak bisa sendirian, harus bersama. 

Sekian Mas surat ini, Do’a kami semoga Mas Menteri dan seluruh tim di KPCPEN diberikan kesehatan selalu.


Salam Takdzim,
(Alumni IMATELKI)

0Komentar

Yuk beri komentar

Sebelumnya Selanjutnya
Facebook Kalimantana