Lokernusa

6 Makanan Khas Kalbar yang Rasanya Anjim Banget !

Jika ditanya soal rasa, jangan diragukan lagi, 6 Makanan Khas Kalbar ini Rasanya Anjim Banget !
6 Makanan Khas Kalbar yang Rasanya Anjim Banget !

Jika kamu berkunjung ke Kalimantan Barat, makanan apa yang ingin kamu coba ? Nah, di artikel ini Kalimantana akan memberikan rekomendasi makanan yang wajib banget kamu coba saat berkunjung ke Kalimantan Barat.

Jika ditanya soal rasa, jangan diragukan lagi, semua makanan yang disajikan tentu memiliki rasa yang sangat khas dan aroma yang menggugah selera. Hal tersebut dikarenakan makanan khas Kalimantan barat terbuat dari bumbu dan bahan yang digunakan berbeda dari daerah yang lain. Terlebih rata-rata harganya ramah di kantong.

Berikut 6 Makanan Khas Kalbar yang Rasanya Anjim Banget !

Chai Kwe

1. Chai Kwe

Kuliner satu ini terkenal banget di Kalimantan Barat, sebab kuliner ini perpaduan budaya Tionghoa dengan Melayu yang bernama Choipan. Bentuk dari makanan ini mirip dengan Dimsum. Chai kwe sendiri ialah kulit pangsit berisi potongan talas, bengkoang, ebi dan daun kucai yang di kukus dalam panci bambu khas Kalimantan Barat. Sebenarnya chopain dan chai kwe sama, hanya penyebutannya saja berbeda. Makanan ini pas sekali untuk kamu dijadikan camilan. 

Bubur Pedas Kalbar

2. Bubur Pedas

Makana khas ini punya cerita menarik, sebab makanan Bubur Pedas ini warisan dari Keraton Sambas Kalimantan Barat, yang hingga saat ini masih populer. Namanya memang Bubur Pedas, tapi jangan salah arti jika makanan ini akan disajikan dengan lauk pedas ya. Cara pembuatan yang sangat unik dari Bubur Pedas ini ialah beras yang digunakan sebagai bahan baku ditumbuk terlebih dahulu hingga halus, lalu ditumis dengan campuran sayur dan bumbu pedas.

Mie Sagu Kalbar

3. Mie Sagu

Jika berbicara tetang bahan baku dari sagu, bahan makanan ini populer sekali di Indonesia Timur, tapi ada yang berbeda di Kalimantan Barat cara penyajianya, sehingga menjadi makanan khas Kalimantan Barat. Sagu di Kalimantan Barat sendiri diolah menjadi Mie,bentuknya tekstur nya pun tidak sama dengan mie pada umumnya. Ukuran dari Mie Sagu lebih besar dan tebal, dengan warna coklat kehitaman yang kusam. Mie Sagu juga disajikan dengan campuran kecambah, daun kucai, bumbu dan potongan daging. 

Asam Pedas Tempoyak -Kalbar

4. Asam Pedas Tempoyak

Tempoyak makanan yang juga terkenal di Sumatra Bagian Selatan, merupakan makanan yang bahan bakunya dari buah durian difermentasikan sehingga menjadi tempoyak. Di Kalimantan Barat, kabupaten Ketapang memiliki makanan khas dari Durian yang namanya juga tempoya  Asam pedas tempoyak dari Ketapangan ini sangat enak jika disandingkan dengan nasi putih. Asam pedas tempoyak ini terbuat dari ikan patin yang dibumbui rempah-rempah pedas dan rasa asam. 

Pengkang - Kalbar

5. Pengkang

Selain makanan berat, ada camilan yang juga gak kalah enak untuk disantap. Makanan yang bernama Pengkang ini terbuat dari beras ketan dengan isian ebi yang punya cita rasa gurih. Pengkang sendiri biasanya dibungkus menggukan daun pisang lalu dibakar

Ale Ale Kalbar

6. Ale-ale

Sssttt ini bukan merk salah satu minuman ya. Makanan ale-ale ini adalah makanan olahan laut khas Kalimantan Barat. Ale-ale sendiri kerang yang berwarna putih bening yang biasanya diolah dengan bumbu pedas dan segar. Makanan ini juga biasanya ada di daerah Ketapang. Ale-ale juga bisa menjadi camilan maupun dicampur dengan nasi. 

Beragam makanan khas Kalimantan Barat diatas memang menggugah selera ya. Jika kamu mengunjungi Kalimantan Barat kamu wajib cobai 6 makanan khas tersebut.

Nah, ada yang sudah pernah mencicipi salah satunya ?