Lokernusa

Mengapa Kalimantan Aman dan Jarang Terjadi Gempa dibanding Jawa dan Daerah Lain di Indonesia ?

Mengapa Kalimantan Aman dan Jarang Terjadi Gempa dibanding Jawa dan Daerah Lain di Indonesia ?
Mengapa Kalimantan Aman dan Jarang Terjadi Gempa dibanding Jawa dan Daerah Lain di Indonesia ?


Pada pelajaran di sekolah khususnya mata pelajaran Geografi, kamu tentu sudah tahu bahwa Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau. Pulau ini memiliki beragam kekayaan budaya, seni dan kuliner. Beberapa diantaranya tercatat sebagai pulau terbesar di Indonesia, yaitu Pulau Kalimantan, Sumatra, Jawa, Sulawesi dan Papua. Namun diantara pulau-pulau terbesar ini, Pulau Kalimantan menjadi salah satu yang jarang dan aman dari bahaya Gempa Bumi, yaitu sebuah peristiwa alam dimana kita akan merasakan getaran dari skala yang kecil hingga getaran skala yang besar, yang dapat menyebabkan kerusakan rumah, rekahan tanah hingga memicu adanya gelombang tsunami.

Nah pertanyaannya, mengapa Pulau Kalimantan cenderung aman dan jarang terjadi Gempa ?

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kalimantan merupakan pulau satu-satunya di Indonesia dengan tingkat kegempaan yang rendah. Padahal Kalimantan sendiri mempunyai pusat sesar dan sejarah terjadinya aktivitas gempa di masa lampau. Beberapa pusat sesar di Kalimantan pun kondisinya sudah tidak aktif lagi dalam memicu gempa.

Selain itu, Pulau Kalimantan juga terbilang cukup jauh lokasinya dari zona megathrust (tumbukan lempeng). Hal ini membuat gempa yang terjadi di Kalimantan skala kekuatannya tidak akan sebesar skala kekuatan gempa di daerah lain di Indonesia, terutama jika dibandingkan dengan pulau Jawa.

Inilah yang membuat Pulau Kalimantan cenderung aman dan jarang akan terjadinya Gempa, terlebih Gempa yang memiliki skala kekuatan besar.

Nah bagaimana setelah mendengar penjelasan dari Tim Kalimantana ?
Apakah kamu sudah bisa memahami. Jika ada yang kurang jelas, kamu bisa memberi komentar di bawah ya :)