Haji Isam Dari Sopir Truk Jadi Crazy Rich Kalimantan

Selain Haji Abdul Rasyid, Kalimantan juga punya tokoh sekaligus pengusaha nasional bernama Haji Isam. Sosok yang mempunyai nama lengkap Andi Syamsuddin Arsyad ini adalah pengusaha di bidang pertambangan, jasa pelabuhan, jasa transportasi udara, bongkar muat laut lepas, usaha pertanian, jasa keamanan, serta infrastruktur dan manufaktur.

Pria kelahiran 1 Januari 1977 ini juga dikenal sebagai Crazy Rich Kalimantan. Harta kekayaan pemilik Jhonlin Group, Haji Isam yang kini bermukim di Batu Licin, Kalimantan Selatan, tersebar di berbagai wilayah Indonesia, termasuk rumah yang berdiri seperti istana di atas lahan yang luas. Belum lagi mengkoleksi mobil mewah dan aset lainnya. Haji Isam juga telah membangun banyak fasilitas di Kalimantan Selatan, salah satunya adalah rumah sakit berstandar internasional bernama Rumah Sakit Marina Permata yang dibangun di Tanah Bumbu pada tahun 2014.

Berawal Dari Sopir Truk dan Tukang Ojek

Siapa sangka karir Haji Isam sebenarnya berawal dari seorang sopir truk pengangkut kayu, dan kini telah menjadi seorang pengusaha yang bergerak di bidang usaha darat, laut dan penerbangan. Sumber lain juga mengatakan, sebelum sukses, Haji Isam juga bekerja serabutan, mulai dari menebang pohon dan buruh muatan hingga menjadi tukang ojek. Kini, kekayaan Haji Isam diperkirakan melebihi Rp.1 triliun. Kerja keras dan perjuangan Haji Isam menunjukkan arti sebenarnya dari makna from zero to hero.

Bukan Warisan Orang Tua

Seluruh bisnis Haji Isam tidak diwarisi dari orang tuanya. Semua dicapai melalui upaya yang keras dan berat. Haji Isam adalah seorang pengusaha yang memulai karir bisnisnya dari nol di tanah rantau. Ia kemudian menjadi seorang pekerja dari pengusaha batubara keturunan Tionghoa - Surabaya. Di sinilah ia memulai karirnya di industri batubara. Haji Isam kemudian memberanikan diri untuk memulai bisnisnya sendiri ketimbang terus bergantung sebagai bawahan orang lain.

Daftar Perusahaan Haji Isam

Perusahaan yang dimiliki Haji Isam antara lain PT Jhonlin Group. Yaitu PT Jhonlin Baratama, PT Jhonlin Marine and Shipping dan PT Jhonlin Air Transport. Melalui perusahaan PT Jhonlin Baratama saja, Haji Isam dapat menambang hingga 400.000 ton batu bara per bulan, dengan omset bulanan hingga 40 miliar rupiah.

Jhonlin Racing Team

Berikut daftar lengkap dari perusahaan Haji Isam yang berhasil tim Kalimantana kumpulkan :
  1. PT Jhonlin Group : PT ini merupakan perusahaan terbesar Haji Isam dengan kantor pusat berada di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Perusahaan ini memiliki beberapa unit bisnis yang bergerak di berbagai bidang. Misalnya penambangan batu bara, jasa pelabuhan, bongkar muat di laut lepas, dan pengoperasian infrastruktur.
  2. PT Jhonlin Agro Mandiri : Unit bisnis ini bergerak di bidang pengolahan karet dan minyak sawit mentah (CPO). 
  3. PT Jhonlin Air Transport : Unit bisnis ini bergerak di bidang persewaan jet pribadi 
  4. Jhonlin Racing Team : Unit bisnis ini bergerak di bidang olahraga khususnya di Balapan Mobil Offroad.
  5. Jhonlin Batu Mandiri (JBM) : Terbaru, Unit bisnis Haji Isam ini bergerak di bidang pabrik gula yang dibangunnya di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. 

Peta Kawasan Rumah Haji Isam

Rumah Mewah Layaknya Istana

Saking kaya nya, rumah tempat tinggal Haji Isam terlihat seperti istana sultan, ketimbang seperti rumah biasa. Rumahnya dikelilingi pepohonan yang rindang dan sungai yang bersih membuat tampilan rumah Haji Isam menjadi sangat asri. Sumber lain juga menyebutkan bahwa Haji Isam memiliki Villa Pribadi di Pulau Samber Gelap, Kalimantan Selatan.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mencermati foto peta kawasan rumah Haji Isam yang ada di atas.

Punya Jalan dengan Nama Sendiri

Saking terlewat luasnya, Haji Isam harus membuat jalan khusus dari pintu gerbang menuju kawasan rumahnya. Jalan yang menghubungkan gerbang depan dengan rumahnya itu kemudian diberi nama Jalan Haji Isam.


Gerbang Rumah Haji Isam

Gerbang Rumah Yang Lebih Keren daripada Gerbang Kabupaten

Saat masuk ke dalam kawasan rumah Haji Isam, kita akan melihat pintu gerbang masuk ke kawasan rumah yang terlihat lebih keren dari pada pintu gerbang Kabupaten. Konstruksi gerbang ini mirip dengan Arc de Triomphe di Paris, Prancis. Gerbang ini dikelilingi pilar-pilar tinggi. 

Terdapat Sirkuit Balapan Mobil Offroad

Di atas lahan seluas 20 hektar dari Kawasan rumahnya terdapat sebuah lintasan sirkuit khusus. Tempat ini dibuat karena Haji Isam adalah pecinta mobil off-road. Lintasan ini juga kerap dijadikan ajang kejuaraan off-road, seperti Indonesia Extreme Off-Road Racing atau IXOR.

Masjid Agung Al-Falah

Punya Masjid Kubah Emas

Selain memiliki bengkel seperti pabrik mobil, di sekitar pekarangan rumahnya juga terdapat helipad (tempat pendaratan helikopter). Selain itu Haji Isam juga memiliki Sebuah bangunan Masjid megah di Tanah Bumbu. Masjid tersebut bernama Masjid Al Falah Batulicin dan luasnya 1,6 hektar. Bangunan masjid ini bertema Timur Tengah dengan memadukan berbagai unsur khas Kalimantan Selatan pada kedua sisi bangunannya.

Haji Isam, Sosok yang Dermawan

Haji Isam bukan hanya penyuka balapan, tapi juga sosok yang sangat dermawan. Haji Isam dikabarkan pernah mengirimkan 250 guru dari SMP Negeri Mentewe (Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan) untuk berangkat pergi Umrah. Selain itu, Haji Isam juga dikabarkan merupakan sosok yang meminjamkan jet pribadinya untuk digunakan oleh mendiang Ustadz Arifin Ilham saat melakukan perjalanan ke Penang, Malaysia untuk berobat.

Nah setelah membaca, semoga perjalanan dan perjuangan Haji Isam dan upayanya from zero to hero tadi, dapat menginspirasi para pembaca Kalimantana. Kamu juga dapat membagikan artikel ini di media sosial kamu untuk menginspirasi lebih banyak orang lainnya.

Source : diolah dari berbagai sumber

Profil Tokoh Kalimantan lainnya :


0Komentar

Yuk beri komentar

Sebelumnya Selanjutnya
Facebook Kalimantana