Lokernusa

Ini Tips dan Strategi Orang Dalam, Agar Lamaran Kerja Kamu Diterima

sukses itu ditentukan oleh 3 hal, yaitu usaha, do'a dan orang dalam.
Ini Tips dan Strategi "Orang Dalam", Agar Lamaran Kerja Kamu Diterima

Kualifikasi yang diperlukan oleh perusahaan sebenarnya adalah untuk menjawab “apakah pelamar memiliki keterampilan” di bidang dan posisi yang diperlukan. Pihak perusahaan sebenarnya sudah mengetahui prestasi akademik, dan non akademik pelamar sebelum pihak perusahaan melakukan panggilan wawancara. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara terbaik untuk memperlihatkan pengetahuan, keterampilan, dan pegalaman kamu sebagai pelamar kepada perusahaan ?

Hal utama untuk memberikan gambaran kepada pihak perusahaan ialah melalui surat lamaran dan resume atau CV pelamar. Dua hal tersebut berfungsi sebagai kesan pertama kamu dengan pihak perusahaan yang akan merekrutmu. Resume atau CV kamu juga berfungsi sebagai "brand" diri dan rangkuman tentang riwayat pendidikan dan pengalaman kamu, isi dari resume atau CV kamu akan menunjukkan seberapa bagus dan relevan soft skill dan hard skill yang kamu miliki dengan kebutuhan perusahaan.

Lantas, apa sih yang membuat pihak HRD perusahaan tertarik dengan lamaran kerja kamu ? Nah, Kalimantana punya tipsnya nih, untuk kamu yang sedang mencari kerja khususnya bagi para fresh graduate.

CV vs Resume
CV vs Resume

1. Buatlah Resume atau CV kamu dilirik oleh perusahaan

Seperti dijelaskan sebelumnya tadi, untuk menjelaskan kemampuan kamu maka hal utama yang akan dilihat adalah resume atau CV kamu. Nah, pastikan dalam CV kamu memuat beberapa hal di bawah ini ya :

  • Identitas Diri lengkap mulai dari nama, alamat, email dll.
  • Pendidikan, jelaskan juga bidang pendidikan kamu untuk memberi gambaran
  • Personality, karakter diri kamu
  • Keterampilan, keterampilan yang kamu miliki
  • Proyek & Pengalaman Kerja, jelaskan detail beserta tugas dan tanggung jawabnya
  • Training atau Pelatihan Terbaru, pelatihan relevan yang kamu ikuti
  • Informasi lain yang menggambarkan kamu seperti hobi, dan referens, media sosial terutama akun Linkedin kamu
  • Riwayat organisasi, organisasi yang pernah kamu ikuti

CV Memikat
Buatlah HRD terpikat melihat CV mu


2. Memilih Desain Resume atau CV yang memikat

Jika kamu ahli dalam menggunakan software desaign maka tips ini bukanlah hal yang sulit. Namun jika kamu bukan seorang yang jago desain, maka memilih CV dari internet adalah pilihan jitu. 

Dari sekian banyak desain CV yang kamu temukan di internet, pilihlah desain yang memiliki tampilan menarik namun tetap sederhana, serta menggunakan simbol-simbol yang mudah dipahami. Pastikan juga format isian sebelumnya tadi dapat terfasilitasi dalam desain CV yang kamu pilih. Kalau perlu, kamu cari CV yang mempunyai warna desain menyerupai warna perusahaan yang kamu tuju. Ini dapat membuat kesan bahwa kamu telah cukup memahami perusahaan melalui penyematan warna-warna yang menjadi brand dari sebuah perusahaan.

 

Pemandu Wisata
Jadi Pemandu Wisata, Oke Juga


3. Melamar pekerjan pada posisi entry level 

Bagi kamu yang fresh graduate, lamarlah pekerjaan dimana perusahaan tersebut sedang mencari kandidat yang akan mereka latih untuk sebuah pekerjaan khusus. Untuk posisi ini, biasanya perusahaan akan bersedia melatih kamu dari awal, sehingga pengalaman kerja tidak diperlukan. Beberapa perusahaan besar menyebutnya dengan program Management Development Program (MDP).

Selain di perusahaan-perusahaan besar, kamu juga bisa melirik beberapa pekerjaan di bawah ini:
  • Staf restoran cepat saji
  • Sales 
  • Staf layanan pelanggan
  • Home-care aids
  • Agen property
  • Asisten PR
  • Pemandu wisata

Yakinlah, Belajarlah. Agar Kamu Ahli Saat Wawancara Kerja
Jangan Lupa, Pakaian Harus Sempurna


4. Tunjukkan kamu ahli saat diwawancara 

Salah satu proses yang menentukan adalah wawancara. Di sini kamu harus mampu menunjukkan bahwa kamu ahli dan pantas untuk diterima sebagai pekerja di perusahaan yang kamu lamar.

Mulailah melakukan riset kecil tentang perusahaan yang kamu tuju, pelajari bagaimana sejarahnya, apa produk nya. Kemudian pelajari juga bidang atau posisi yang kamu lamar, dalam hal ini kamu setidaknya harus mampu menjelaskan poin besar dari tugas pekerjaan kamu nanti, dan bagaimana pengalaman, riwayat berorganisasi dan pendidikan yang kamu miliki akan mendukung tugas pekerjaan kamu kelak. 

Selanjutnya yang bisa kamu lakukan, memberi contoh beberapa studi kasus atau inovasi yang ingin kamu lakukan saat kamu diterima bekerja di perusahaan tersebut. Ini akan menambah yakin HRD bahwa kamu penting untuk diterima, karna kamu punya visi dan inovasi yang mampu mendukung perusahaan lebih maju.

Berorganisasi Membuat Mudah Mendapatkan Pekerjaan
Berorganisasi Membuat Mudah Bekerja


Bagi kamu yang belum saatnya melamar pekerjaan atau masih dalam proses pendidikan. Beberapa hal di bawah ini bisa kamu lakukan untuk menambah soft skill dan hard skill kamu.


1. Mengikuti organisasi atau komunitas

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya tadi, salah satu hal yang penting untuk kamu tulis dalam CV kamu adalah pengalaman kamu dalam berorganisasi. Oleh karena itu, mengikuti organisasi atau komunitas merupakan hal yang harus kamu mulai sejak saat kamu membaca ini.

Carilah organisasi yang memberikan kamu pengalaman dan kesempatan untuk melatih kepemimpinan,  komunikasi, menjalin kerja sama, dan networking kamu.

2. Membangun Jaringan Orang Dalam 

Bahasa kerennya memperluas networking. Bahasa umumnya membangun jaringan orang dalam. Karna tentu kamu sudah sering kali mendengar guyonan, bahwa sukses itu ditentukan oleh 3 hal, yaitu usaha, do'a dan orang dalam.

Oleh karena itu, kamu mulai sekarang harus mulai memperbanyak kenalan dan pertemuan dengan orang-orang yang mampu memberi input baik dan peluang yang mengarah pada pekerjaan yang kamu inginkan.

Ketika kamu memilihara dengan baik kedekatanmu tersebut dengan tulus, kamu tentu akan dapat point plus ketika kamu bekerja di perusahaan di tempat kenalanmu tadi, atau malah kamu akan direkomendasikan langsung untuk bekerja di perusahaannya. Dengan kata lain kamu hanya perlu bilang "IYA" tanpa babibu lainnya, maka otomatis kamu akan menjadi pekerja di tempat tersebut.  

3. Mulailah dengan Menjadi Staff magang 

Magang merupakan salah satu kunci untuk membangun pengalaman yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan untuk merekrut kamu. Perusahan cenderung memilih pelamar yang memiliki pengalamaan magang. Perusahaan pun cenderung memprioritaskan pelamar yang telah magang di perusahaan yang sama, karena pelamar sudah terlatih bekerja di perusahaan tersebut.  

Nah itulah tadi beberapa tips yang Kalimantana rekomendasiin buat kamu. Jika kamu punya tips-tips jitu lainnya, kamu juga bisa menuliskannya di kolom komentar ya. :)

Kalau kamu pengen mencari lowongan kerja terbaru yang sesuai dengan jurusan, asal daerahmu dan juga kualifikasimu, silahkan kamu buka tab menu di pojok kiri atas ya.

Kamu juga bisa berlangganan melalui Email, Instagram, Telegram atau Grup Facebook Kalimantana, nantinya kamu bakal mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru dari kami. 

Terakhir, jangan lupa, bantu juga teman-temanmu dengan ikut membagikan Tips Kerja ini ke media sosialmu. Orang baik dan suka berbagi biasanya dimudahkan niatan dan jalan usahanya loh :)


*ditulis oleh : Monica Oktavera S.Psi


Opini merupakan tulisan kiriman dari pembaca Kalimantana, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.