Lokernusa

6 Tips yang Bikin Kamu Jadi Barista Profesional

Menjadi Barista yang keren dan profesional
6 Tips yang Bikin Kamu Jadi Barista Profesional


Barista dan kopi suatu komponen yang gak bisa dipisahkan. Saat ini di Indonesia minum kopi menjadi tren, tidak hanya seduhan kopinya saja, baristanya pun menjadi tren pekerjaan yang dilirik oleh millennial.

Barista ? Millennial banget nih. Semua kalangan juga bisa kok jadi barista jika mau. Gimana sih jadi barista ? Niat mau saja gak cukup loh buat jadi barista, kamu juga harus mengerti bagaimana pekerjaan barista itu sendiri. Gak hanya tau tentang kopi saja, juga perlu “Sayang dan Jatuh Hati” sama biji-biji kopi dan aromanya.

Kali ini Kalimantana akan bahas bagaimana menjadi barista pemula agar kamu jadi jago dan hits.

1. Wajib Punya Passion

Jatuh hati dengan kopi memang hal yang menarik. Punya mimpi dan gairah yang besar menjadi seorang barista juga bermula dari niat yang besar. Keinginan kuat untuk jadi barista, secara tidak langsung semakin penasaran tentang dunia kopi, sampai melekat di hati dan pikiran, sehingga hanya kopi dan isinya saja yang ada dipikiran. 

Barista yang saat ini sudah menjadi teman setia kopipun awalnya sama, punya passion. Pekerjaan sebagai seorang barista tidak hanya mengolah kopi enak lalu mendapatkan penghasilan berupa uang, tapi seorang barista juga harus pandai menaruh rasa, dan setuhan hati pada setiap cangkir kopi yang diseduhnya untuk penikmatnya atau pelanggannya. Jika niat saja hanya seperti angin lewat, mending jadi penikmat kopi saja tak usah jadi barista.


2. Wajib Kenalan dengan kopi dan keluarganya


Biasanya sebelum jatuh hati pada hal atau seseorang kita juga harus kenal dong. Sebelum melangkah menjadi seorang barista, alangkah baiknya kenal lebih dalam dengan kopi yang menjadi inti dari dunia barista. Seorang barista harus kenal dengan segala macam jenis kopi, proses kopi, dan aneka macam menu kopi hingga sajian akhirnya.

Sebelum mantap untuk terus bersama kopi sebagai barista, alangkah baiknya pelajari lebih dalam tentang segala hal dari kopi itu sendiri. Aneka macam kopi tersebar di dunia ini, di Indonesia bahkan banyak yang tak terhitung. Barista harus mengenal kopi lebih dari orang lain.

3. Sering Latihan dan bereksperimen bersama kopi

Menanamkan pada diri sendiri selalu berkeinganan untuk meminum kopi dengan hasil racikan sendiri. Membeli alat-alat racikan kopi yang mampu dibeli terlebih dahulu agar semakin berhasrat membuatkan kopi serta melatih diri. Barista yang sekarang sudah mahirpun melewati Latihan berkali-kali, dan banyak berkorban. Hal tersebut agar terbiasa.

Ruang tempat berlatih bisa dilakukan di mana saja. Kemudahan akses internet tak terbatas membuat calon barista hits dapat belajar dengan sangat mudah. Belajar menyeduh kopi sendiri, dan sharing dengan teman-teman barista yang lain juga dapat menambah wawasan sesame pencinta kopi. Sebelum ikut kelas barista dan kelas perkopian alangkah baiknya sudah memiliki pendahuluan tentang kopi dan keluarganya. Latihan terus-menerus, bertanya perluas kenalan orang-orang barista, hal tersebut akan memupuk kemampuan menjadi barista.

4. Ikut Sekolah Barista

Latihan mandiri sudah sering dilakukan, saatnya untuk mencari pengetahuan lebih dalam tentang dunia kopi dan barista. Ketika memilih untuk ikut kelas dan sekolah barista, akan banyak bertemu ahli dan professional barista, kesempatan untuk mendapatkan dan menggali ilmu serta informasi apa yang yang ingin diketahui.

Di Indonesia ada beberapa sekolah kebaristaan seperti Esperto, ABCD Coffe, Indonesia coffe Academy, Fulcaff Barista Training dan Casswell.

5. Magang di Kedai Kopi

Menjadi barista gak hanya bermodal sekolah saja, tapi juga harus memiliki pengalaman di dunia kerja. Pengalaman belajar di sekolah dan dunia kerja sangat berbeda. Dunia kerja jauh lebih menantang secara langsung di Kedai. Di awal mungkin pelanggan tidak terlalu suka dengan seduhan dan racikan kopi yang disajikan oleh barista baru, akan tetapi hal yang penting ialah pengalaman. Ketika medapatkan Kritika rasa dll, hal tersebut melatih diri untuk terus belajar hingga rasa yang disajikan disukai banyak pelanggan.

6. Nongkrong besama komunitas kopi

Agar pengetahuan kopi semakin luas, maka bergabung dan sering bertemu mereka yang juga jatuh hati pada kopi ini juga merupakan hal penting untu prkembangan diri sebagai seorng barista.

Gimana nih setelah membaca tips terbaru dari Kalimantana? Kamu tertarik ?

Kalau kamu pengen mencari lagi lowongan kerja terbaru yang sesuai dengan jurusan, asal daerahmu dan juga kualifikasimu, silahkan kamu buka tab menu di pojok kiri atas ya.

Kamu juga bisa berlangganan melalui Email, Instagram, Telegram atau Grup Facebook Kalimantana, nantinya kamu bakal mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru dari kami.

Terakhir, jangan lupa, bantu juga teman-temanmu dengan ikut membagikan informasi ini ke media sosialmu. Orang baik dan suka berbagi biasanya dimudahkan rezeki dan jalan usahanya loh :)