Lokernusa

Siput Terkecil di Dunia Ternyata ada di Kalimantan

Siapa sangka ternyata Siput Terkecil di Dunia ada di Kalimantan. Namanya Acmela Nana
Acmela Nana, Siput Terkecil di Dunia yang Berasal dari Kalimantan

Di pulau Kalimantan, sekelompok ilmuwan dari Belanda menemukan siput terkecil di dunia, berukuran diameter 0,028 inci (0,7 mm). Dr. Jaap Vermeulen dari Leiden Center for Natural Biodiversity di Belanda mengatakan bahwa mereka menemukan 48 spesies siput, salah satunya berukuran sangat kecil, tersebar di Kalimantan. Japp mengatakan : "Kami menemukan sekitar 48 spesies siput di Kalimantan. Salah satunya adalah siput terkecil di dunia. Disebut "Acmella Nana ", yang artinya kerdil dalam bahasa Latin, Cangkang spesies ini pun hanya selebar 0,020 inci dan tinggi 0,024 inci.

Para peneliti mengatakan bahwa untuk menemukan spesies tersebut, para ilmuwan harus mengumpulkan tanah dari hutan. Kemudian memeriksa tanah tersebut di bawah mikroskop untuk mencari siput.

Cara lainnya adalah dengan mencapurkan tanah ke dalam air. Kemudian tanah akan mengendap dan siput akan mengapung karena lebih ringan dari pada tanah. Penelitian terbaru membuktikan keberadaan spesies siput khas Kalimantan (Kalimantan). Karena pergerakannya yang sangat lambat, mereka dapat bertahan di daun tertentu dan area sempit dalam waktu yang lama, memungkinkan siput beradaptasi dengan lingkungannya yang unik.