Lokernusa

Tukang Las Bawah Laut, Gaji Kerjanya Hampir 1 Miliar

Seperti apakah Pekerjaan Tukang Las Bawah Laut ? Yang gajinya bisa mencapai Miliaran Rupiah
Tukang Las Bawah Laut, Gaji Kerjanya Hampir 1 Miliar


Ada berbagai macam profesi pekerjaan di dunia ini, beberapa diantaranya memiliki pendapatan yang tinggi, mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta bahkan miliaran.

Salah satu profesi pekerjaan tersebut adalah Tukang Las Bawah Laut. Profesi sebagai Tukang Las Bawah Laut ini bukan pekerjaan fiktif melainkan pekerjaan nyata.

Mengenal Tukang Las Bawah Laut

Padanan dalam bahasa Indonesia memang Tukang Las Bawah Laut, namun dalam dunia industri pekerjaan ini lebih dikenal sebagai welder.Tugasnya mengelas berbagai bagian dari infrastruktur industri, mulai dari turbin listrik hingga kilang minyak dan pipa tambang.

Dengan keahliannya dalam pengelasan, Tukang Las Bawah Laut memiliki posisi tawar yang sangat baik.

Selain itu, tujuan lain dari pekerjaan Tukang Las Bawah Laut ini adalah untuk melakukan perawatan pipa minyak atau aplikasi struktur offshore lainnya. Misalnya, menemukan atau mengembangkan sumber daya minyak dan gas yang berada di dasar laut melalui pengeboran.

Butuh Ilmu dan Pelatihan Khusus

Di Indonesia tidaklah mudah untuk menemukan seorang Tukang Las Bawah Laut, ini karna pelatihan dan sertifikasinya yang ketat. Mereka harus mendapatkan izin atau sertifikat dari instansi yang berwenang seperti API (Asosiasi Pengelasan Indonesia) dan sertifikat penyelam.

Oleh karena itu para Tukang Las Bawah Laut tidak hanya terlatih dalam bidang pengelasan, tetapi juga terlatih dalam bidang penyelaman atau yang biasanya disebut "scuba diving".

Scuba adalah singkatan dari self-contained underwater breathing apparatus. Orang yang melakukan scuba diving setidaknya akan menyelam sedalam kira-kira 40 meter di bawah permukaan air laut.

Bertanggung Jawab Melindungi Lingkungan

Ada banyak jaringan pipa yang melintasi lautan pada kedalaman yang berbeda dan mengangkut minyak di dalamnya. Tentunya hal ini membuatnya selalu membutuhkan pemantauan dan perbaikan yang terus menerus. 

Jika terjadi bocoran minyak, tentunya akan merusak ekosistem laut dan berdampak pada didendanya perusahaan.

Nah, Tukang las bawah laut lah yang bertanggung jawab menjaga semua itu agar tak terjadi, dengan melakukan pengelasan secara teratur.Ini adalah cara terbaik untuk memperbaiki logam yang rusak atau melemah dan mencegah kebocoran pipa minyak.

Resiko Kerja Yang Tinggi

Pekerjaan Tukang Las Bawah Laut bukannya tanpa resiko, karena ada bahaya atau resiko kerja yang tinggi setiap saat.

Pertama : seorang Tukang Las Bawah Laut bisa mendapatkan electrical shock atau biasa kita sebut kesetrum. Ini karena para Tukang Las Bawah Laut biasanya menggunakan arus listrik 300-400 ampere untuk menyalakan peralatan las.

Kedua : tabung gas yang digunakan untuk pengelasan di bawah laut bisa meledak. Resikonya bisa saja berujung kematian.

Ketiga : gas nitrogen yang digunakan oleh para Tukang Las Bawah Laut untuk pengelasan dapat terhirup dan bercampur dengan darah. Sehingga menyumbat pembuluh darah dan merusak jaringan tubuh. 

Gaji Kerja Hampir 1 M

Para Tukang Las Bawah Laut biasanya memulai karir dengan menjadi helper atau asisten welder. Di Bontang, gaji awal mereka Rp 2,4 juta per bulan. Gajinya akan meningkat dari Rp 3,2 juta-Rp 10 juta jika sudah menjadi welder, tergantung dari tingkat keahliannya. Jika bekerja lembur, maka gaji lebih banyak lagi. 

Data lain dari Biro Statistik Tenaga Kerja ( dikutip dari commercialdivingacademy.com ). Upah para Tukang Las Bawah Laut rata-rata dihitung per jam dengan gaji sekitar US $ 26,32 (sekitar Rp 370 ribu), sedangkan upah tahunan rata-rata sekitar US $ 54.750. (Sekitar Rp 771 juta rupiah), dengan kata lain gaji Tukang Las Bawah Laut hampir 1 Miliar.

Gaji Tukang Las Bawah Laut memang tinggi, dan mereka juga umumnya dibayar per jam. Tentu saja, ini karna pekerjaannya yang sangat berisiko. Apalagi menurut beberapa sumber, perusahaan asing menyukai Tukang Las Bawah Laut dari Indonesia karena lebih disiplin dan berhati-hati, ulet dan jarang mengeluh. Mereka juga lebih suka menabung daripada berkumpul dan minum-minum.


Gimana nih setelah membaca informasi dari Kalimantana. Apakah Teman Kalimantana juga tertarik bekerja menjadi seorang Tukang Las Bawah Laut ?

Untuk mendapatkan lowongan kerja terbaru dan terupdate dari Kalimantana, kamu juga dapat mengikuti akun media sosial Kalimantana di Instagram, Telegram, LinkedIn atau Grup Facebook Kalimantana. Semuanya dengan user name @kalimantanacom .

Terakhir, dukung Kalimantana dengan membagikan atau share informasi ini ke media sosialmu ya.