Lokernusa

7 Tips Ampuh Menjadi Reseller Sukses

Bagaimana menjadi reseller sukses ? apa saja yang dibutuhkan ? Berikut tips nya !
Tips Menjadi Reseller Sukses

Bisnis online semakin hari semakin berkembang terlebih saat pandemi seperti ini, dimana penjualan dengan transaksi langsung dibatasi.

Untuk kamu ketahui, saat ini bisnis online bisa dijalankan tanpa modal produk sendiri atau disebut reseller. Nah apakah itu reseller dan bagaimana caranya menjadi reseller yang sukses? Jika kamu belum mengetahui apa itu reseller, maka kamu wajib mengetahui terlebih dahulu kalau reseller adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang menjual produk yang berasal dari orang lain alias tidak memiliki persediaan atau stok produk sendiri.

Jadi produk yang dijual reseller adalah produk dari penjual pertama. Namun, berbicara soal keuntungan, menjadi seorang reseller bisa memiliki keuntungan yang tidak beda jauh dengan penjual pertama bahkan bisa lebih. Kuncinya adalah kejelian, ketekunan dan perhitungan matang dalam melihat peluang keuntungan dan kesuksesan.


Sayangnya, info bagaimana menjadi seorang reseller sukses belum banyak yang membahas. Nah Kalimantana akan mengulas 7 Tips Ampuh yang akan membantu kamu Menjadi Reseller Sukses.

1. Harus berani, dan Tekun Belajar

Saat kamu memutuskan menjadi seorang reseller jangan tanggung-tanggung, pastikan kamu yakin dan siap menjalaninya. Kamu juga harus tekun dan giat mempelajari berbagai tips dan trik untuk sukses dengan bisnis reseller yang kamu bangun ini.

2. Rajin promosi di media sosial

Saat kamu memulai menjadi reseller, promosi produk adalah hal yang paling menentukan kesuksesanmu. Jadi pastikan kamu rajin untuk promosi di media sosial hingga orang tertarik untuk melakukan pembelian terhadap produk yang kamu jual. Lakukan promosi ini terus menerus, di jam-jam orang yang sering menggunakan media sosial.

3. Tetapkan harga jual yang menarik

Selain promosi, hal lain yang menentukan adalah harga produk yang kamu jual. Kamu harus tahu terlebih dahulu berapa harga minimal dari produk kamu, harga minimal ini kamu dapat dari harga beli atau harga yang diberi oleh penjual pertama ditambah dengan perkiraan biaya pengemasan dan ongkos kirim. Setelah kamu mengetahuinya, kamu dapat menentukan harga yang akan kamu jual, dan jangan lupa sesekali lakukan juga penawaran harga promo agar pembeli semakin tertarik. Misalnya dengan menggratiskan ongkos kirim (Promo Gratis Ongkir).

4. Pilih produk yang mudah untuk dijual

Tips selanjutnya agar kamu menjadi reseller yang sukses adalah harus pintar memilih produk apa yang ingin dijual kembali. Pastikan kamu tidak memilih produk yang tidak banyak pembelinya, karena kamu hanya akan menghabiskan modal promosi, tanpa keuntungan yang berarti. Pilihlah produk yang sedang dicari dan dibutuhkan banyak orang.

Kamu juga harus selektif dalam memilih produk. Misalnya, jika kamu sudah memutuskan untuk menjadi reseller bisnis online kaos distro, maka hanya pilih kaos distro dengan desain tertentu yang menurut kamu menarik untuk pembeli. Jangan semua produk dipasarkan, karena akan menyita banyak waktumu.

5. Tentukan penjual pertama (supplier) yang besar, menguntungkan dan komunikatif

Setelah memutuskan produk apa yang ingin dijual, kamu harus menentukan supplier mana yang paling tepat. Pilih supplier yang memiliki stok produk besar, harga yang bersaing dan menguntungkan, serta mudah dalam komunikasi dan melayani pesanan reseller.

6. Tanggap melayani calon pembeli

Menjadi seorang reseller harus siap, cepat, serta tanggap dalam menjawab pertanyaan calon pembeli. Mulailah memberi sapaan dengan senyuman, dan berikan penjelasan yang memudahkan. Termasuk kelebihan produk yang kamu jual, cara pemesanan dan pembayaran. Dan yang paling penting, kabarkan kepada pembeli jika barang sudah dikirimkan.

7. Disiplin dan konsisten

Tak ada kesuksesan tanpa usaha, pun menjadi reseller juga butuh disiplin dan konsisten yang tinggi. Selalu upayakan waktu untuk lakukan promosi di media sosial. Belajar bagaimana memasarkan produk dengan baik, dan rutin melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah dilakukan. Jangan sungkan juga belajar kepada teman atau orang lain yang lebih dahulu menjalani bisnis reseller.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai 7 tips ampuh menjadi reseller sukses, yang terbukti efektif dan mampu menghasilkan keuntungan.

Jangan ragu dan mulailah, hingga kamu bisa memiliki stok sendiri dan toko sendiri.
Semoga berhasil ya teman Kalimantana !