Lokernusa

Daftar wisata di Kalimantan Barat, siap memanjakan mata anda

Ada beberapa tempat wisata di Kalimantan Barat yang wajib Anda kunjungi, keindahan kota singkawang dan beragam wisata alam yang akan memanjakan mata
Wisata di Kalimantan Barat Danau Sentarum

Berencana melakukan perjalanan wisata di Kalimantan Barat? Ada beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi, misalnya jalan-jalan di Kota Singkawang, mengeksplor Pontianak, dan melihat keindahan Tugu Khatulistiwa. Namun, bila Anda menginginkan wisata alam yang masih asri dan alami, berikut rekomendasinya:

Daftar Wisata di Kalimantan Barat

Danau Sentarum


Danau Sentarum biasa disebut sebagai danau musiman di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Saat musim hujan, danau berfungsi sebagai tempat tampungan air dari Sungai Kapuas, dan saat kemarau tiba, danau akan mengisi kekurangan debit air Sungai Kapuas dan hanya jadi kolam berisi ikan kecil.

Uniknya, danau seluas 132.000 hektare ini berwarna hitam kemerahan. Ini karena airnya mengandung tannin yang berasal dari hutan gambut di sekitarnya.

Bila berkunjung ke Danau Sentarum, Anda juga berkesempatan melihat aneka flora dan fauna. Danau Sentarum sendiri memang jadi habitat bagi 265 jenis ikan air tawar, 675 spesies tanaman, dan 147 jenis mamalia, 311 jenis burung, 265 jenis ikan, 64 jenis reptil dan amfibi, serta 154 jenis anggrek alam.

Taman Nasional Gunung Palung


Taman Nasional Gunung Palung merupakan tempat yang tepat bila Anda ingin melihat kawasan pelestarian alam yang masih berupa hutan primer. Taman nasional ini juga menjadi rumah bagi tumbuhan dan satwa liar.

Anggrek hitam, salah satu tumbuhan unik, bisa ditemukan di Sungai Matan terutama pada bulan Februari-April. Untuk satwa, Anda bisa berkesempatan untuk bertemu dengan orangutan, bajing tanah bergaris empat, beruk, beruang madu, kukang, ayam hutan, serta tupai kenari.

Pantai Temajuk


Temajuk adalah sebuah desa di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Desa ini memiliki garis pantai sangat panjang yakni sekitar 60 kilometer.

Berwisata ke Pantai Temajuk, Anda akan melihat daerah yang masih alami, pasir putih terhampar luas, serta gugusan batu granit dari ukuran kecil sampai besar yang berjajar sampai ke Tanjung Datuk, perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut, Anda bisa menyelam di Teluk Atong.

Air Terjun Mananggar


Air terjun Mananggar atau sering disebut juga Banangar, Melanggar, dan Menaggar berada di Desa Merayuh, Kabupaten Landak. Air terjun ini sebenarnya merupakan patahan Sungai Landak. Letaknya, di hulu Sungai Landak.

Di bagian bawah air terjun, terdapat danau berbentuk bulat yang bisa digunakan untuk mandi, berenang dan memancing ikan atau pun udang. Namun, pengunjung juga bisa menikmati keindahan air terjun ini dari atas saja karena akses jalan yang sulit dan tertutup belukar.

Selain air terjun, Anda masih bisa mengeksplor kawasan ini dengan mengunjungi Gua Beratus yang terdapat kelelawar, olahraga air seperti arum jeram, hiking, dan mengamati burung.