LOKERNUSA.COM

Aneka kuliner Khas Ibukota Nusantara

Aneka kuliner Khas Ibukota Nusantara

Apa yang Anda ketahui soal Ibukota Nusantara, yang berada di Kalimantan Timur? Kerajaan Kutai, Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, atau Kesultanan Pasir? Selain kerajaan, Wilayah Ibukota Nusantara juga memiliki warisan budaya berupa kuliner. Dari camilan sampai makanan utama, berikut kuliner khas Ibukota Nusantara yang wajib dicoba:

SERABAI - KALIMANTANA

Serabai

Bila di Jawa Anda mengenal kue serabi, di Kalimantan Timur serabi biasa juga disebut serabai. Bahan serabi dan serabai sama-sama menggunakan tepung beras, namun bentuk serabai cenderung lebih datar dan lebar.

Serabai lebih mirip kue dadar dibanding serabi khas Jawa Barat yang tebal. Rasanya cukup gurih dan ada aroma khas hasil pembakaran menggunakan tungku kayu. Cara menyantapnya adalah ditaburi gula pasir dan dilipat dalam bungkus pisang.

NASI KUNING - KALIMANTANA

Nasi kuning

Samarinda di Kalimantan Timur terkenal dengan kuliner nasi kuningnya. Bahkan, ada satu kampung yang dijuluki Kampung Nasi Kuning di Jalan Lambung Mangkurat, Kota Samarinda, sebagai pusat berkumpulnya para penjual nasi kuning yang beroperasi dari malam hingga dini hari.

Nasi kuning yang rasanya gurih ini dapat disantap kapan saja dengan berbagai lauk seperti telur balado, usus ayam, ikan gabus atau daging.

Salah satu warung nasi kuning yang terkenal adalah Depot Nasi Kuning Ibu Arbayah di depan Kantor UPTD Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim No 27. Nasi kuningnya lebih gurih karena dimasak dengan santan kental. Nasi kuning yang diberi bumbu khas Bali ini biasa dinikmati dengan tambahan ikan gabus, telur rebus, bawang goreng, dan serundeng.

AYAM CINCANE - KALIMANTANA

Ayam cincane

Masakan ayam cincane terbuat dari ayam kampung yang diberi bumbu air asam jawa, digoreng setengah matang, lalu dimasak dengan santan sampai agak kering dan meresap pada ayam.

Setelah itu, ayam akan ditumis dengan bumbu bawang putih, kemiri, jahe, lengkuas, salam dan serai. Tambahkan kecap, santan, lalu ungkep. Terakhir, ayam dibakar di atas bara api sampai matang.

Makanan ini biasa dijumpai pada acara-acara besar seperti pernikahan dan acara penyambutan tamu-tamu kehormatan.

PULUT NASI - KALIMANTANA

Pulut nasi

Seperti namanya, pulut nasi merupakan olahan nasi khas Kalimantan Timur. Makanan ini dibuat dari beras dan santan lalu dibungkus daun pisang dengan isi sayuran yang pedas mirip lontong isi.

Pulut nasi memiliki tekstur yang lunak dan gurih. Karena terbuat dari nasi, makanan ini cocok disantap untuk mengganjal perut ketika tiba-tiba lapar. Selain dimakan begitu saja, pulut nasi juga bisa diguyur dengan saus kacang yang pedas dan gurih.

Posting Komentar

Yuk beri komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak