Nikmatnya Klepon Buntut Asli Martapura yang mungil dan kenyal

Klepon juga merupakan camilan khas di Martapura. Di ibu kota Kabupaten Banjar ini, dikenal dengan nama kue klepon buntut.
Nikmatnya Klepon Martapura yang mungil dan kenyal

Klepon sangat mudah dikenali. Bentuknya bulat, warna hijau, berselimut parutan kelapa.

Penganan ini merupakan salah satu camilan tradisional. Biasanya terbuat dari tepung beras, diisi dengan gula merah cair.

Saat menggigitnya, Anda akan merasakan tekstur kenyal dan gula memuncrat. Perpaduan manisnya gula merah dan gurihnya parutan kelapa menambah kenikmatan.

Di Sumatera dan Malaysia, klepon disebut onde-onde, sedangkan di Jawa dan beberapa daerah lain di Indonesia, onde-onde yaitu bola-bola tepung beras yang diisi kacang hijau lalu bagian luarnya dilumuri wijen.

Klepon juga merupakan camilan khas di Martapura. Di ibu kota Kabupaten Banjar ini, dikenal dengan nama kue klepon buntut.

Perbedaannya dengan klepon pada umumnya adalah ukuran dan kekenyalan. Klepon buntut Martapura lebih kecil, dan lebih kenyal.

Salah satu yang terpopuler adalah Kue Klepon Buntut Bukhari. Anda dapat menemukan penjajanya di perempatan Kota Martapura, atau lampu merah menuju Kubah Almarhum Syech Muhammad Zaini Bin Abdul Ghoni--lebih dikenal dengan sebutan Almarhum Guru Sekumpul--. Anda juga bisa membeli klepon ini di Bandara Syamsudinnoer Banjarbaru.

Membuat klepon tidaklah sulit, Anda butuh bahan-bahan seperti tepung ketan putih, daun pandan, santan kental, pasta pandan, gula merah, dan kelapa. Proses pembuatannya pun bisa selesai dalam 20 menit saja.

Selain tepung ketan, ada juga klepon yang terbuat dari ketela rambat dan ketela pohon. Untuk membuat klepon dengan dua bahan tersebut, Anda bisa melihat resep dari Kokiku.

Menurut Prof Made Astawan, ahli teknologi pangan dari IPB, sumber energi klepon sebagian besar berasal dari karbohidrat (tepung beras ketan dan gula merah). Sisanya disumbang protein (tepung ketan) dan lemak (kelapa parut).

Dilihat dari bahan bakunya yang berupa tepung dan gula, kandungan gizi terbesar pada klepon yakni karbohidrat, mencapai 41,8 g per 100 g.

Karbohidrat dalam klepon merupakan sumber zat tenaga utama bagi tubuh untuk beraktivitas sehari-hari sedangkan gula mengandung berbagai mineral yang diperlukan tubuh.

Kue berwarna hijau yang teksturnya kenyal dan lembut ini bisa jadi teman minum teh sambil bersantai di sore hari. Sebenarnya, klepon tak selalu berwarna hijau, karena ada juga klepon yang berwarna putih tanpa tambahan daun suji atau daun pandan. Ini bisa dibuat sesuai selera.
kalimantan kalsel kuliner
Kalimantana
Kalimantana
Blog berbagi seputar investasi, dunia kerja dan hal unik tentang kalimantan.
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.