4 Kota Terkaya di Indonesia, Ada di Kalimantan

Kalimantan memang terkenal dengan sumber daya alam yang amat berlimpah, tapi tahukah kamu kota terkaya di Kalimantan ?
Kalimantana
4 Kota Terkaya di Kalimantan

Tahukah kamu kota terkaya di Kalimantan ?

Kalimantan memang terkenal dengan sumber daya alam yang amat berlimpah, mulai dari Perkebunan kelapa sawit, Tambang Emas & Berlian, Serta Tambang Batu bara, nah diantara ke 5 provinsi yang ada di Kalimantan menurut teman-teman daerah mana ya yang terkaya?

Perbandingan kota terkaya di antara ke-5 provinsi di pulau Kalimantan ini dilihat dari indikator produk domestik regional bruto (PDRB) dimana provinsi tersebut yang mempunyai angka terbesar dibandingkan dengan 4 provinsi lainnya.

Kalimantan Timur merupakan provinsi terkaya di Kalimantan.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan PDRB per kapita atas dasar harga berlaku (ADHB) penduduk Kalimantan Timur sebesar Rp182,54 juta. Artinya, pendapatan penduduk di provinsi tersebut mencapai 182,54 juta per tahun atau setara Rp15,21 juta.

Pendapatan PDRB per kapita yang dimaksud yakni PDRB per kapita merupakan gambaran dan rata-rata pendapatan yang diterima oleh setiap penduduk selama satu tahun di suatu wilayah/daerah.

Berikut daftar 4 daerah terkaya di Kalimantan Timur

kantor walikota bontang

1. Bontang

Bontang menyandang status sebagai kota dengan pendapatan per kapita tertinggi di pulau Kalimantan. Bahkan bukan Cuma di Kalimantan, pendapatan per kapita kota Bontang juga merupakan yang tertinggi di Indonesia. Kota yang berada di provinsi Kalimantan Timur ini memiliki pendapatan per kapita yang mencapai 368,235 juta rupiah. Jauh diatas rata-rata nasional yang sekitar 42,432 juta rupiah.

Balikpapan

2. Balikpapan

Posisi kedua kota dengan pendapatan per kapita tertinggi di pulau Kalimantan dipegang oleh kota Balikpapan. Sama seperti Tarakan, Balikpapan juga merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Kalimantan Timur. Kota Balikpapan boleh dibilang sebagai pintu gerbang utama pulau Kalimantan. Infrastruktur kota Balikpapan merupakan yang terdepan bila dibandingkan dengan kota-kota lainnya di pulau Kalimantan. Balikpapan memiliki pendapatan per kapita yang mencapai 118,354 juta rupiah.

Tarakan

3. Tarakan

Kota Tarakan berada pada sebuah pulau kecil disebelah Timur pulau Kalimantan. Kota ini merupakan bagian dari wilayah provinsi Kalimantan Utara dan merupakan kota terbesar di sana. Pendapatan per kapita kota Tarakan adalah 85,649 juta rupiah.

Samarinda


4. Samarinda

Samarinda adalah ibukota dari provinsi Kalimantan Timur. Kota ini juga menyandang status sebagai kota terbesar di provinsi Kalimantan Timur. Dengan status sebagai ibukota dari salah satu provinsi terkaya di Indonesia, menjadikan Samarinda memiliki pendapatan per kapita yang cukup. Pendapatan per kapita kota Samarinda mencapai 58,950 juta rupiah.

Daerah paling kaya disini bukan berarti seluruh penduduk menjadi kaya raya. Sebab pendapatan per kapita tidak menunjukkan pembagian pendapatan yang merata. Bisa jadi kekayaan ini terpusat pada satu lapisan kecil dari populasi masyarakat karena mereka menguasai sumber-sumber ekonomi di daerah tersebut.

Mayoritas dari kabupaten yang masuk dalam daftar ini merupakan wilayah yang memiliki populasi penduduk yang relatif rendah namun dianugerahi kekayaan alam yang amat berlimpah.

Nah apakah salah satu daerah diatas adalah kota tempat asalmu ?!
Kalimantana
Situs Berbagi Hal Unik Tentang Kalimantan
Komentar